Sword Art Online


NB: Tulisan ini di dasarkan pada versi anime

Sword Art Online (ソードアート・オンライン Sōdo Āto Onrain) adalah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Reki Kawahara, dengan ilustrasi oleh by Abec, dan sudah diadaptasi menjadi tiga manga, anime, dan video game.

(Warning: Containt spoiler!)

Plot

Di tahun 2022, sebuah Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG), Sword Art Online (SAO), direleased. Melalui Nerve Gear, sebuah helm nyata yang dapat mengoneksikan dunia virtual dengan menstimulasi panca indera pemain melalui otak, pemain dapat merasakan bermain di dunia virtual dengan menggunakan kontrol dari pikirannya.

Pada tanggal 6 November 2022, ketika semua pemain melakukan log in dan bermain untuk pertama kalinya, mereka mendapati kalau mereka tidak dapat melakukan log out. Kayaba Akihiko, pembuat SAO muncul dan mengumumkan bahwa jika mereka ingin bebas, mereka harus berhasil mencapai lantai 100 menara dan mengalahkan bos terakhir. Dan juga, jika bar nyawa avatar mencapai nol, maka mereka akan meninggal di dunia nyata. Cerita berpusat pada Kirito, pemain yang handal dan sangat berambisi untuk menyelesaikan permainan ini. Dua tahun pun berlalu, Kirito berteman dengan pemain wanita bernama Asuna dan menjalin cinta dengannya. Mereka pun berhasil mengungkap avatar Kayaba dalam SAO dan identitasnya. Singkat cerita, mereka berhasil mengalahkannya dan membebaskan semua pemain yang tersisa dari permainan ini.

Setelah kembali ke dunia nyata, Kirito mendapati bahwa Asuna dan beberapa pemain SAO masih belum tersadar. Akhirnya ia mendapatkan petunjuk dari Agil bahwa ada VRMMORPG lain bernama ALfheim Online (ALO), Kirito pun memasuki permainan tersebut. Kirito mendapati bahwa para pemain yang terperangkap dalam ALO adalah salah satu bagian dari rencana jahat Nobuyuki Sugō untuk mencoba eksperimen illegal dimana ia dapat menyimpan pikiran di bawah penguasaannya. Itu juga yang ia lakukan pada Asuna dimana ia hendak menikahinya di dunia nyata, demi memperoleh warisan perusahaan keluarga Asuna. Dengan bantuan adiknya, Suguha (dengan avatar bernama Lyfa), Kirito berhasil menghentikan rencana Nobuyuki dan akhirnya dapat bertemu dengan Asuna di dunia nyata.

Tokoh-Tokoh

Kirito (キリト Kirito)
- Nama asli: Kazuto Kirigaya (桐ヶ谷 和人 Kirigaya Kazuto)
- Seiyū: Yoshitsugu Matsuoka
Protagonis dalam serial ini, Kirito adalah pemain “solo” dan dikenal sebagai beater (beta tester dan cheater) oleh para pemain di Sword Art Online. Nama yang ia gunakan untuk avatarnya diambil dari suku kata awal dan akhir tulisan Kanji nama aslinya: (Kirigaya Kazuto). Ketika terdengar pengumuman bahwa seluruh pemain Sword Art Online tidak dapat melakukan log out, ia putus asa seperti yang lainnya, namun dapat dengan cepat mengatasi perasaannya. Dia dengan cepat meningkatkan kemampuannya dan menjadi salah satu pemain di barisan depan, yaitu mereka yang dapat mencapai lantai menara tertinggi untuk saat itu. Kirito dikenal dengan sebutan Black Swordsman (黒の剣士 Kuro no Kenshi). Dalam SAO, ia memiliki sebuah kemampuan unik, yakni «Dual Blades», kemampuan memakai dua pedang dalam bersamaan ketika bertarung. Dalam SAO, Kirito jatuh cinta dengan seorang pemain wanita bernama Asuna, dan mereka menikah di dalam permainan tersebut.

Setelah insiden Sword Art Online berakhir, ia mendapati bahwa Asuna masih belum tersadar. Dari Agil, ia mendapatkan sebuah foto yang diambil dari VRMMORPG lain bernama ALfheim Online dimana Asuna terlihat terkurung di dalam sebuah kandang burung raksasa di atas World Tree legendaris, sebuah lokasi yang belum berhasil dicapai oleh pemain ALfheim. Kirito akhirnya memasuki permainan tersebut demi menyelamatkan Asuna. Disana, Kirito bersahabat dengan seorang pemain wanita bernama Lyfa. Lyfa akhirnya membantu Kirito untuk mencapai World Tree. Setelah melalui berbagai usaha dan cara, juga dibantu oleh teman-teman yang lain, akhirnya Kirito berhasil menyelamatkan Asuna, disisi lain ia juga mengetahui bahwa Lyfa adalah avatar yang dimainkan oleh adiknya, Suguha. Karena ALO dan SAO memiliki game engine dan fitur yang sama, sebuah bug menyebabkan Kirito mendapatkan kembali skill dan uang yang pernah ia dapatkan dalam SAO karena ia memainkan ALO dengan Nerve Gear yang sama, dan itu memudahkannya dalam permainan ini. Ketika ia hendak membuang semua item yang tidak sinkron dari SAO ke ALO, ia menemukan Yui’s Heart dan memformat ulang item tersebut dan berhasil memunculkan Yui kembali dan Yui bekerja sebagai peri pendukung Kirito dalam permainan.

Di dunia nyata, ia tinggal bersama ibunya, Midori dan adiknya, Suguha. Namun sebenarnya Midori adalah saudari dari ibu kandung Kirito yang mengadopsi Kirito, karena orang tua kandung Kirito telah meninggal karena kecelakaan saat Kirito berusia setahun. Kirito menemukan kebenaran tersebut di usianya yang kesepuluh.

Asuna (アスナ Asuna)
- Nama asli: Asuna Yūki (結城 明日奈 Yūki Asuna)
- Seiyū: Haruka Tomatsu
Asuna adalah protagonist wanita dalam serial ini; nama avatar yang ia gunakan dalam permainan sama dengan nama aslinya di dunia nyata. Asuna adalah teman dari Kirito dan wakil pemimpin Knight of the Blood Oath, salah satu guild yang sukses di Aincrad. Karena ia adalah satu dari beberapa gadis yang handal dalam permainan SAO, ia banyak menerima ajakan kerjasama maupun lamaran pernikahan. Asuna adalah pemain yang cepat berkembang dan memiliki tekad yang kuat, membuatnya dijuluki sebagai “Flash” (閃光 Senkō) karena keahlian pedangnya yang menakjubkan.

Kemudian, ia jatuh cinta pada Kirito dan mereka menikah di dalam permainan SAO. Ketika di akhir cerita SAO, ia mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Kirito dari serangan Heathcliff. Namun, kematiannya yang sesaat membuatnya dapat bertemu kembali dengan Kirito sesaat setelah Heatchliff kalah.

Setelah SAO berakhir, Asuna masih belum sadarkan diri di nyata. Ia terperangkap dalam VRMMORPG lain bernama ALfheim Online. Ia dipaksa memerankan Titania sang ratu para peri bersama Nobuyuki Sugō, orang yang bertanggung jawab menahannya dan memerankan Oberon sang raja peri. Ini dilakukan Nobuyuki Sugō agar ia dapat menikahi Asuna di dunia nyata, selagi Asuna belum tersadar, dan ia dapat mengambil alih RCT Progress Inc. Asuna sudah berkali-kali mencoba kabur dari World Tree, tempat dimana ia dikurung dan sempat berhasil mencuri kartu GM dan melemparkan kartu tersebut ke bawah World Tree ketika ia mendengar suara Yui. Setelah ia terbebas dari ALO, ia menciptakan dua avatar untuk ALfheim, Asuna (menjadi healer) dan Erika (menjadi petarung) dan pergi bersama Kirito.

Di dunia nyata, Asuna menjalani hidup yang kurang bahagia dimana ia merasa tertekan karena harapan tinggi orangtuanya. Sebelum insiden SAO, ia selalu berpegang pada pendiriannya sendiri tanpa bimbingan orangtuanya. Namun setelah ia bertemu dengan Kirito, ia memiliki pola pikir yang lebih positif dan memiliki perasaan kasih saying yang selama ini terkunci di dalam hatinya. Ia akhirnya menjadi kekasih Kirito, dan bermimpi untuk menikahinya di dunia nyata, bekeluarga seperti keluarga yang sering ia lihat bermain bersama di taman.

Lyfa (リーファ Rīfa, juga dikenal sebagai Leafa)
- Nama asli: Suguha Kirigaya (桐ヶ谷 直葉 Kirigaya Suguha)
- Seiyū: Ayana Taketatsu
Suguha adalah adik sepupu Kirito di dunia nyata. Ia adalah tipe orang yang sangat rajin dan diketahui terus berlatih Kendo sejak umur delapan tahun. Kirito/Kazuto memanggilnya “Sugu”. Ketika Kazuto terperangkap di Sword Art Online, ia mencoba permainan ALfheim Online untuk mengerti apa yang kakaknya rasakan. Ada perasaan suka dari Suguha kepada Kazuto, namun ia sadar bahwa yang dicintai Kazuto adalah Asuna. Kebetulan, ia bertemu dengan avatar Kazuto di ALO, yaitu Kirito dan ia membantu Kirito untuk mencapai World Tree sebelum mengetahui identitas asli Kirito. Ketika Suguha sudah merelakan cinta Kazuto pada Asuna, ia mulai jatuh cinta pada Kirito di ALO, namun akhirnya ia patah hati setelah mengetahui Kirito adalah avatar Kazuto dan tujuannya mencapai World Tree adalah untuk menemui orang yang bernama Asuna. Namun akhirnya, Suguha melupakan perasaan sedihnya dan terus membantu Kirito menyelamatkan Asuna.

Yui (ユイ Yui)
- Seiyū: Kanae Itō
Pada awalnya hanya muncul sebagai karakter sampingan dalam SAO, Yui kemudian menjadi karakter yang paling membantu dalam ALO. Ketika pertama kali ditemukan Kirito dan Asuna dalam SAO, ia dikira sebagai pemain muda yang amnesia dalam SAO, namun pada akhirnya mereka mengetahui bahwa ia sebenarnya adalah artificial intelligence program. Lengkapnya «Mental Health - Counselling Program», MHCP version 1, codename, «Yui». Ia didesign sebagai monitor yang mengawasi emosi para pemain SAO dan jika mereka butuh sesuatu ia akan datang membantu. Namun ketika insiden orang-orang yang terkurung dalam Sword Art Online, ia dilarang untuk berinteraksi dengan pemain. Karena tidak boleh melakukan apa-apa dan menderita, ia terus mengawasi emosi setiap pemain yang terperangkap dan menemukan sukacita dan kedamaian pada Kirito dan Asuna. Ia mencari mereka dan muncul sebagai anak amnesia yang kemudian diadopsi Kirito dan Asuna.  Pada akhirnya ia terhapus oleh Cardinal, sebuah system manajemen SAO. Namun Kirito berhasil menyelamatkannya dengan mengkonvert datanya menuju Nerve Gear-nya. Yui kemudian muncul di ALO sebagai peri pembimbing yang membantu Kirito bersama Lyfa menemukan Asuna. Yui menyebut Kirito sebagai “Papa” dan Asuna sebagai “Mama” dan ia akan marah jika ada wanita selain Asuna dan Lyfa yang mendekati Kirito.

Klein (クライン Kurain)
- Nama asli: Ryōtarō Tsuboi (壷井 遼太郎 Tsuboi Ryōtarō)
- Seiyū: Hiroaki Hirata
Salah seorang pemain yang ramah yang bertemu Kirito di awal permainan. Dengan cepat ia menjadi teman dan banyak belajar dari Kirito. Setelah insiden SAO, mereka berdua berpisah, dimana Kirito ingin fokus menaikkan level dan kekuatan, sedangkan Klein ingin menyelesaikan permainan dengan bekerjasama dengan orang lain. Klein menggunakan katana ketika bertarung dan menjadi pemimpin di guild yang ia dirikan. Kemudian ia bertemu kembali dengan Kirito dan teman-temannya dan bekerjasama dalam quest di ALO, setelah merilis World Seed.

Agil (エギル Egiru)
- Nama asli: Andrew Gilbert Mills
- Seiyū: Hiroki Yasumoto
Agil, seorang pria besar yang mengandalkan keahlian kapak dan berkepala gundul. Ia juga memiliki sebuah toko di SAO. Di balik penampilan seramnya, ia ternyata adalah seorang pria yang rendah hati dan menjual barang-barang dengan harga yang murah untuk para pemain yang masih lemah. Kirito adalah pelanggan tokonya dan menjadi teman baiknya. Di dunia nyata, Agil memiliki sebuah usaha café yang ia beri nama «Dicey Cafe», dimana café tersebut diambil alih oleh istrinya selama dua tahun ia terperangkap di SAO. Café tersebut menjadi tempat bertemunya kembali Kazuto dan kawan-kawan di dunia nyata.

Heathcliff (ヒースクリフ Hīsukurifu)
- Nama asli: Akihiko Kayaba (茅場 晶彦 Kayaba Akihiko)
- Seiyū: Tōru Ōkawa (Heathcliff), Kōichi Yamadera (Kayaba)
Akihiko Kayaba adalah direktur dan pembuat Nerve Gear dan Sword Art Online, dimana ia juga menjadi antagonis dalam cerita Sword Art Online. Ia membuat semua pemain Sword Art Online terperangkap dengan membuat Nerve Gear mengirimkan sinyal ke tubuh asli pemain. Kematian dalam permainan maupun melepas paksa Nerve Gear dapat menyebabkan kematian nyata pada para pemain, yakni Nerve Gear akan otomatis membakar otak pemain. Kemudian, kedoknya sebagai Heathcliff terkuak. Heathcliff yang merupakan pemimpin guild Knights of the Blood Oath sangat kuat, bahkan Kayaba sebagai admin pun menjadikan avatarnya immortal. Kirito akhirnya berhasil mengalahkannya. Ketika cerita ALO, ia muncul sebagai program dan memberikan dorongan kepada Kirito agar ia tidak dikalahkan oleh Oberon, dan setelah Kirito mengalahkan Oberon ia memberikan World Seed kepada Kirito. Kematiannya adalah karena ia pun membuat Nerve Gear-nya membakar otaknya jika ia kalah dalam permainan SAO.

Silica (シリカ Shirika)
- Nama asli: Keiko Ayano (綾野 珪子 Ayano Keiko)
- Seiyū: Rina Hidaka
Salah satu karakter pendukung dalam SAO. Silica adalah seorang beast tamer, sebuah keahlian yang langka dalam permainan. Silica dengan cepat dapat menjinakkan seekor naga di levelnya yang masih belum tinggi, membuatnya banyak yang mendekati dan ingin mengajaknya bergabung dengan party. Silica seringkali menghindari pemain pria, yang kebanyakan mengajaknya menikah walaupun Silica masih berumur 13 tahun. Suatu ketika, ia tersesat di hutan dan Pina, naga yang merupakan temannya berkorban ketika ia diserang. Kirito akhirnya datang menyelamatkannya dan mengatakan bahwa Silica mengingatkan Kirito kepada adik perempuannya.  Pada akhirnya, Kirito membantu Silica mendapatkan item yang dapat menghidupkan kembali Pina. Di dunia nyata, ia bertemu kembali dengan Kirito dan teman-temannya dan membantu Kirito dalam salah satu quest ALO.


Lizbeth (リズベット Rizubetto)
- Nama asli: Rika Shinozaki (篠崎 里香 Shinozaki Rika)
- Seiyū: Ayahi Takagaki
Salah satu karakter pendukung dalam SAO yang berprofesi sebagai pandai besi dan memiliki toko sendiri. Lizbeth atau yang biasa dipanggil “Liz” adalah sahabat Asuna dan Asuna merekomendasikan toko Liz untuk mendapatkan senjata baru. Kirito meminta Liz untuk menempa sebuah pedang terbaik, namun karena tidak ada bahan yang bagus maka Kirito pergi bersama Liz untuk mendapatkan logam berkualitas bagus. Selama perjalanan, Liz melihat kebaikan hati Kirito dan jatuh cinta padanya, namun akhirnya patah hati begitu mengetahui bahwa Kirito adalah kekasih Asuna. Pada akhirnya, Liz membuatkan salah satu pedang terkuat Kirito dan memberikannya secara gratis dengan harapan Kirito dapat bertarung dan segera menyelesaikan permainan SAO. Liz kemudian menjadi pemain ALO dan membantu Kirito dalam quest dengan memperkuat perlengkapan senjata Kirito dan teman-temannya.

Kuradeel (クラディールKuradiru)
- Seiyū: Koji Yusa
Salah seorang pemain SAO yang memiliki keahlian dua pedang. Dia merupakan anggota dari guild “Knights of the Blood” dan diam-diam merupakan anggota dari guild merah “Laughing Coffin”. Ia dendam pada Kirito dan Asuna yang pernah mengalahkan “Laughing Coffin”. Kuradeel berpura-pura menjadi bodyguard Asuna untuk “Knights of the Blood” dan walaupun dendam, ia menjadi terobsesi pada Asuna dan selalu mengikutinya kemana pun ia pergi. Ketika ia melihat bahwa Asuna semakin dekat dengan Kirito, ia merasa iri dan mengajak duel Kirito untuk merebutkan posisi pelindung Asuna. Kirito memenangkan duel dan Kuradeel pergi meninggalkan mereka. Sampai suatu ketika, Kuradeel berusaha membunuh Kirito yang lengah sebelum akhirnya Asuna datang menolong.

Oberon the Fairy King (妖精王オベイロン Yōsei-ō Obeiron)
- Nama asli: Nobuyuki Sugō (須郷 伸之 Sugō Nobuyuki)
- Seiyū: Takehito Koyasu
Nobuyuki Sugō adalah antagonis utama dalam cerita ALfheim Online. Ia yang bertanggung jawab menjaga 300 korban Nerve Gear termasuk Asuna yang ia tahan setelah SAO berakhir. Ia mentransfer mereka semua menuju ALO melalui eksperimen penaklukan manusia via fulldive technology. Ia berencana mengambil alih RCT Progress Inc. dengan menikahi Asuna selama Asuna belum tersadar. Dalam permainan ALO, ia menjadi GM (Game Master) dan mengambil peran sebagai raja peri, Oberon dan menjadikan Asuna ratu Titania. Ketika ia bertemu Kirito, ia memamerkan statusnya sebagai GM dan memamas-manasi Kirito. Namun pada akhirnya, Oberon berhasil dikalahkan ketika “Ghost Program” Akihiko Kataba muncul dan mengingatkan Kirito bagaimana tekadnya dapat mengalahkan dirinya dalam SAO dan membantunya membobol status Nobuyuki sebagai GM.  Ke300 korban akhirnya berhasil bebas, namun Nobuyuki berusaha untuk menghentikan Kirito yang hendak menemui Asuna di dunia nyata. Sekali lagi, ia dikalahkan oleh Kirito yang memang menguasai ilmu bela diri yang juga dipelajari dari SAO. Nobuyuki akhirnya ditangkap dan dipenjarakan karena tindakan kriminalnya.

Recon (レコン Rekon)
- Nama asli: Shin'ichi Nagata (長田 慎一 Nagata Shin'ichi)
- Seiyū: Ayumu Murase
Nagata adalah teman sekelas Suguha di dunia nyata. Ia mengenalkan ALO pada Suguha yang terus menanyainya mengenai VRMMO. Di ALO, ia seorang Sylph yang bersenjatakan belati dan memiliki ilmu sihir hitam. Nagata naksir pada Suguha, walaupun perasaannya bertepuk sebelah tangan.

Midori Kirigaya (桐ヶ谷 翠 Kirigaya Midori)
- Seiyū: Aya Endō
Midori adalah ibu Suguha, ialah yang mengadopsi Kazuto di dunia nyata. Seorang ibu yang sangat perhatian pada kedua anaknya, walaupun ia harus bekerja keras sampai malam hari. Sesekali ia datang ke rumah sakit, untuk merawat Kirito ditemani oleh Suguha, selama insiden SAO berlangsung.

Soundtrack

Opening 1 : LisA – Crossing Field
Opening 2 : Aoi Eir – Innocence


Ending 1 : Haruka Tomatsu – Yume Sekai
Ending 2 : Luna Haruna – Overfly

Disclaimer: Sword Art Online adalah milik Reki Kawahara dan artikel ini ditulis sendiri oleh saya. Follow me: 

@Jezz_Strife

4 komentar: