Harvest Moon (SNES)

Harvest Moon

Publisher : Natsume & Nintendo
Platform : SNES
Release Date : Augustu 09,1996 (JP), June 1997 (NA), January 29, 1998 (EU)
Genre : Simulation/Role-Playing
- Mode : Single-player
Rating : ESRB (semua umur)

Hampir semua gamer di dunia kenal sama game yang satu ini, apalagi seri Back to Nature sangat populer di awal tahun 2000an dulu. Kali ini saya akan membahas Harvest Moon yang paling pertama dibuat. Game ini muncul dalam konsol SNES (Super Nintendo Entertainment System). Menurut saya ini adalah salah satu game yang wajib penggemar Harvest Moon mainkan.




Kenapa wajib kamu mainkan? Apa bagusnya? Menurut saya fitur-fitur yang dimuncukan di Harvest Moon modern sudah ada dalam game lawas ini. Setiap penduduk memiliki sifat masing-masing. PDKT dengan para gadis yang memaksamu pulang pergi mengambilkan barang untuk menaikkan hatinya, bermacam-macam festival seru, upgrade rumah, mancing, dan yang lebih keren lagi sang Harvest Goddess sudah ada di sini dan menjadi salah satu tokoh mistis yang unik.


Detail-nya TOP banget ! Jadi jangan sampai lewatkan game satu ini ya buat Harvest Moon lovers.



CONTROL

Tombol
Fungsi
D-Pad
- Menggerakan karakter
- Menggerakan kursor di layar
A
- Menentukan pilihan
- Berbicara pada orang lain, hewan
- Mengambil item
- Membuang item
- Membuka pintu
- Membaca papan nama
- Menonton televisi
- Melihat kalender
- Menaiki kuda, turun dari kuda
- Menggendong anjing
B
- Membatalkan pilihan
- Berlari
- Melompati pagar kayu, tebing di gunung
X
- Mengganti peralatan yang hendak kamu gunakan
Y
- Menggunakan peralatan
- Melemparkan pancingan ke arah kolam untuk memancing di gunung
L
- Bersiul memanggil anjing
R
- Bersiul memanggil kuda
STaRT
- Skip opening saat baru menyalakan game
SeLeCT
- Menunjukan layar yang memberitahumu jumlah uangmu, tanggal dan musim, dan peralatan yang dipakai karaktermu
- Dapat dipakai untuk Pause game
NB: SeLeCT takkan berfungsi jika kamu sedang memegang item.

 


Your Farm Layout


Kebun ini adalah tempat tinggal mu dan kamu harus mengurus perkebunan ini setiap hari.  Kamu dapat mengurus ternakmu, tanamanmu, dan bahkan kamu dapat memperbesar rumahmu disini.

1.        Secret Garden: Setelah memakan Power Berry, setangkai bunga akan tumbuh di taman ini.  Setiap memakan sebuah Power Berry, bunga lainnya akan tumbuh.

2.        Rumahmu: Ini adalah tempat tinggalmu.  Jika kamu tidur maka hari akan berakhir dan menjadi hari berikutnya.  Kamu juga mempunyai TV yang menayangkan program acara ramalan cuaca esok hari.  Kamu juga dapat mengupgrade rumahmu sebanyak 2x sebelum kamu dapat berkeluarga.

3.        Lumbung Kayu: Setelah kamu menebang tunggul pohon, maka kayu hasil tebangan tersebut akan muncul di lumbung ini.

4.        Kandang Kuda: Jika kamu sudah mendapatkan seekor kuda, maka kudamu akan tidur disini saat malam tiba.

5.        Kandang Sapi: Di tempat inilah sapi-sapimu tinggal.  Kamu harus mengurus sapi-sapimu dan memberi mereka makan rumput (pakan).  Kandang ini dapat menampung hingga 12 ekor sapi.  Jika cuaca cerah kamu dapat membawa mereka keluar ke halamanmu.

6.        Silo: Setelah kamu memangkas rumput di kebunmu ataupun di gunung, maka rumput itu akan menjadi pakan ternak dan muncul di Silo ini.

7.        Kandang Ayam: Di sinilah tempat tinggal bagi ayam-ayammu.  Berikan mereka pakan untuk makan, jual telurnya, dan tetaskan telur di inkubaktor untuk menjadi seekor ayam kecil.  Kandang ayammu dapat menampung hingga 12 ekor ayam.

8.        Shipping Bin: Semua produk yang dapat dijual, lemparkan ke Bin disini, saat jam 5 PM Shipper akan datang dan mengambil hasil jualanmu dan menyerahkan uangnya keesokan harinya.  Ada satu Bin juga di kandang sapi dan kandang ayam.

9.        Tool Shed: Disinilah tempat untuk menyimpan peralatanmu.  Kau hanya bisa membawa 2 peralatan.

10.     Kolam Air: Sebelum menyiram dengan penyiram air, kamu harus mengisinya dulu di kolam.  Kamu dapat membuang batu kecil ke kolam ini jika malas memecahkannya dengan palu.

11.     Sumur Rahasia: Jika saat Winter terjadi gempa bumi, maka jalur masuk ke sumur ini akan terbuka.  Ini adalah tempat para Harvest Sprites tinggal.


 

Town


Ini adalah wilayah desa tempat para penduduk tinggal.  Kehidupan di desa ini berjalan normal setiap harinya, beberapa penduduk seringkali beristirahat keluar.

  1. Mayor's House: Ini adalah mansion besar tempat Mayor Theodore tinggal bersama dengan istrinya dan putrinya, Maria.
  2. Church: Ini adalah gereja tempat Priest dan anak Priest tinggal.  Maria sering datang ke tempat ini.  Adaacara kebaktian di gereja setiap hari Minggu yang dikunjungi Priest, Maria, Theodore dan istrinya, Liz, Michael, Ann dan Ellen.
  3. Flower Shop: Ini adalah tempat tinggal Liz dan Nina.  Datanglah selama Spring dan Summer untuk membeli bibit.
  4. Market: Juallah hasil panenmu dan hasil ternakmu kepada Peddler disini setiap hari Minggu.
  5. Fortune Teller's House: Ini adalah tempat tinggal bagi Fortune Teller dan cucunya.  Datanglah untuk mempelajari mengenai cinta, pertanian, dan merawat ternak.
  6. Bar: Ini adalah tempat tinggal bagi Bartender dan Eve.  Tutup di hari Minggu.  Bar buka pada malam hari di atas jam 6 PM.  Banyak orang yang sering minum di tempat ini, kalau Hank sudah langanan.
  7. Restaurant: Ini adalah tempat tinggal bagi Ellen, Hank, istri Hank dan paman Ellen. Kamu dapat membeli kue disini untuk dimakan atau diberikan pada orang lain.
  8. Tool Store: Ini adalah tempat tinggal bagi Ann dan Michael.  Datanglah ke sini jika kamu ingin membeli peralatan atau item lainnya.
  9. Livestock Store: Ini adalah tempat paman Ellen bekerja. Datanglah ke sini kalau kamu ingin membeli ternak dan item untuk ternak.
  10. Public Square: Sebuah lapangan besar yang terletak di tengah desa.  Tempat banyak diadakannya festival-festival.  Setiap Sabtu datanglah kesini untuk melihat penduduk desa beristirahat dan bersenang-senang.


MOUNTAIN

Beberapa penduduk sering menjelajahi gunung.  Carpenter dan anak bauhnya tinggal disini.  Kamu dapat memancing di kolam, mengunjungi Cave, menebang tunggul pohon, menemukan hasil alam, dan memulihkan diri di Spa.  Waktu terasa lebih cepat di gunung.

1.        Goddess Pond: Setelah gempa bumi di saat Winter pergilah ke sini untuk bertemu dengan Harvest Goddess.  Jalan kesini sebelumnya terhalang batu besar.  Ayunkan kapak yang pertama kali ke arah kolamuntuk menemui Harvest Goddess.

2.        Cave: Jelajahi area ini untuk menemukan 3 Herb.

3.        Carpenter's House: Jika kamu ingin meng-upgrade rumahmu menjadi lebih besar, temui pimpinan para tukang kayu disini.

4.        Fisherman's Tent: Jika kamu ingin memancing, bicaralah pada Fisherman jika ia keluar dari tenda.  Gunakan pancingan dengan menekan tombol Y dari sisi kanan tenda.

5.        Spa: Mandilah di Spa untuk memulihkan stamina mu.  Eve selalu ke sini setiap hari Minggu dan Ann setiap Star Night Festival.

Berikut ini adalah hasil alam yang dapat kamu temui tergantung musim tertentu dan dapat jual.  Kamu dapat memakan beberapa dari antaranya atau dapat kamu berikan pada orang lain sebagai hadiah.

Nama
Musim
Harga Jual
Wild Grapes
Spring
150 G
Fish (ikan)
Spring, Summer, dan Fall
300 G
Herb
Spring, Summer, dan Fall
100 G
Tropical Fruit
Summer
150 G
Mushroom
Fall
150 G
Poisonous Mushroom
Fall
200 G

NB: Kamu bisa mendapatkan ikan dengan cara memancing.

2 komentar: